Tambah lagi, Program Doktor Ilmu Kelautan Universitas Riau di akan Buka dalam Waktu Dekat

PEKANBARU – Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau (UR) dalam waktu dekat ini akan membuka program Doktor Ilmu Kelautan. Saat ini pengurusan izin untuk membuka program Strata 3 (S3) tersebut sedang dilakukan. Ketua Program Studi Magister Ilmu Kelautan Unri, Deni Efizon dalam keterangannya Senin (12/1) di Pekanbaru mengatakan, jika izin sudah keluar, maka mulai bulan Juli mendatang sudah bisa dibuka penerimaan mahasiswa S3. Dia mengatakan, Fakultas Perikanan dan Ilmu kelautan Unri sebenarnya sudah memenuhi persyaratan untuk membuka program Doktor tersebut. Sebab saat ini telah memiliki sebanyak 17 guru besar dan 52 doktor.

“Jumlah guru besar ini hanya bisa diimbangi Universitas Hasanuddin. Bahkan Universitas Padjajaran yang memiliki tujuh guru besar di bidang Perikanan dan Ilmu Kelautan sudah terlebih dahulu memiliki program S3,” jelasnya.

Deni menyebutkan, peluang pengembangan program S3 Ilmu Kelautan sangat luas. Saat ini di Sumatera tengah berkembang program studi S1 bidang perikanan dan ilmu kelautan. “Berarti mereka juga sedang persiapan S2. Ini target kita untuk membuka program S3,” ungkapnya. Untuk Fakultas Perikanan dan Ilmu keluatan Unri sendiri, setiap tahunnya meluluskan sebanyak 500 sarjana yang nantinya akan melanjutkan pendidikan ke program S2. Untuk melanjutkan program S2 dan S3, mereka tak perlu lagi ke luar pulau. (MC Riau/ad)

Leave a Reply